Halaman


welcome!!

Jumat, 05 Oktober 2012

Seni Rupa terapan mancanegara

KARYA SENI TERAPAN MANCANEGARA

Seni Terapan atau seni pakai (applied art) adalah karya seni rupa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan praktis. karya seni terapan ada yang bentuknya 2 dimensi dan ada juga yang 3 dimensi. dan semuanya punya fungsi masing-masing . setiap negara pasti punya beberapa seni rupa terapan dengan ciri khasnya masing-masing. Berikut ini beberapa karya seni terapan dari mancanegara yang mengagumkan.


 Amphora

Amphora adalah sejenis wadah keramik berbentuk vas dengan dua pegangan dan bagian leher yang panjang yang lebih sempit dari bagian badannya. Amphora berasal dari bahasa Yunani, amphoreus (αμφορεύς), singkatan dari amphiphoreus (αμφιφορεύς), kata majemuk yang menggambungkan amphi- ("di kedua sisi", "kembar") dengan phoreus ("pembawa"), dari kata pherein ("membawa"), merujuk pada dua pegangan pada wadah tersebut yang letaknya saling berlawanan.Amphora banyak digunakan untuk menyimpan berbagai barng, baik cair maupun kering, di dunia Mediterania kuno dan kemudian di Kekaisaran Romawi, dan dalam beberapa periode bentuknya juga digunakan untuk tembikar mewah, yang ditambahi banyak hiasan.

 Batik China


 Batik bukan hanya ada di indonesia , di china pun ada beberapa batik yang keindahannya tidak kalah dari batik indonesia. seperti contohnya batik yang bertemakan gadis yang sedang merenung.
tapi walaupun begitu , kualitas batik indonesia jauh lebih baik dari batik china.


Kimono


kimono adalah salah satu pakaian adat dari jepang. kimono sering di gunakan pada saat ada hari-hari besar di jepang. Kimono sekarang ini lebih sering dikenakan wanita pada kesempatan istimewa. Pemilihan jenis kimono yang tepat memerlukan pengetahuan mengenai simbolisme dan isyarat terselubung yang dikandung masing-masing jenis kimono. Tingkat formalitas kimono wanita ditentukan oleh pola tenunan dan warna, mulai dari kimono paling formal hingga kimono santai. Berdasarkan jenis kimono yang dipakai, kimono bisa menunjukkan umur pemakai, status perkawinan, dan tingkat formalitas dari acara yang dihadiri.

 Pot Logam India


Pot logam menunjukkan kekayaan budaya dan warisan peradaban India. Bentuk seni yang digunakan untuk membuat pot semacam ini juga sangat tua. Saat ini pot logam digunakan sebagai dekorasi ruangan mewah.
Sejarah kerajinan logam di India sangat kaya. Sejak 3000 SM seni kerajinan logam telah diperkenalkan di India. Penggalian ditemukan di berbagai tempat adalah teladan dari kerajinan dan perkembangannya di kota-kota India dan peninggalan yang panjang. Kerajinan logam di India termasuk penggunaan yang luas dari tembaga, perak perunggu, emas, besi, bel logam dll.
Logam kuningan digunakan untuk membuat berbagai Pot Logam termasuk item rumah tangga seperti nampan, mangkuk, dan patung dewa, peralatan rumah tangga dan potongan dekoratif. Produk terbuat dari kuningan dilapisi, tembaga dan logam putih diproduksi yang melimpah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar